Jumat, 19 Januari 2024

5 Makanan Khas Kepri yang Wajib Kalian Coba


1. Rempah-rempah Ikan Patin - Ikan Lele Bumbu Aromatik

Rempah-rempah ikan patin merupakan masakan tradisional khas Kepri yang wajib dicoba bagi pecinta seafood. Hidangan ini menyajikan ikan lele yang direndam dalam campuran bumbu dan rempah, termasuk kunyit, lengkuas, serai, dan cabai. Ikan tersebut kemudian dibakar atau digoreng hingga renyah dan disajikan dengan nasi kukus.

2. Gulai Ketam - Kari Kepiting

Gulai ketam merupakan masakan populer di Kepri yang terbuat dari kepiting, santan, dan berbagai macam bumbu seperti kunyit, ketumbar, dan jintan. Karinya dimasak hingga daging kepiting empuk dan bumbu tercampur rata. Seringkali disajikan dengan nasi kukus atau nasi lemak (nasi kelapa).

3. Sate Kepri - Sate Kepri

Sate Kepri merupakan variasi sate unik yang berasal dari Kepri. Hidangan ini menyajikan daging yang ditusuk (biasanya ayam atau sapi) yang direndam dalam campuran rempah-rempah, termasuk ketumbar, kunyit, dan jinten. Dagingnya kemudian dipanggang di atas api terbuka dan disajikan dengan saus kacang dan nasi putih.

4. Pisang Goreng Isi Ubi Kayu - Pisang Goreng Isi Singkong

Pisang goreng isi ubi kayu adalah makanan penutup populer di Kepri yang memadukan dua bahan klasik Indonesia: pisang dan singkong. Pisang diiris dan diisi dengan singkong parut yang telah dicampur gula dan santan. Pisang isi tersebut kemudian digoreng hingga berwarna cokelat keemasan dan disajikan sebagai camilan manis.

5. Es Teler - Dessert Es Serut dengan Alpukat dan Nangka

Es teler adalah makanan penutup menyegarkan yang berasal dari Sumatera Barat namun juga populer di Kepri. Hidangan ini menyajikan es serut yang di atasnya diberi alpukat, nangka, santan, sirup gula aren, dan kacang tanah tumbuk. Ini cara sempurna untuk menenangkan diri di hari yang panas!

















Deskripsi : Makanan khas kepualauan riau yang menggugah selera
Keyword : makanan khas kepri, jajanan kerpi dan cemilan kepri

0 Comentarios:

Posting Komentar